10 Juni 2012

Cara menentukan sendiri Kode suatu warna

Kode warna sering kita gunakan ketika kita men-design sesuatu karena dengan warna hidup kita terasa indah. Saya ada cara untuk kita menentukan kode suatu warna. Ini sangat membantu kita karena terkadang kita tidak memiliki tabel, aplikasi, atau apapun untuk menentukan kode suatu warna.

Ini sangat membantu kita seperti ketika kita dalam lomba design blog. Kita tidak perlu menghapal kode setiap warna jika kita tahu konsepnya. Seperti hitam #000000, putih #ffffff, merah #ff0000, hijau #00ff00, biru #0000ff, dan kuning #ffff00, ini semua mudah untuk dihafal. Bagaimana dengan warna abu-abu 20%, abu-abu 78%, krem, dan lainnya? Berikut tutorialnya.

Sediakan Alat dan Bahan berikut :
1. Alat tulis (Sesuai selera)
2. Kalkulator (jika perlu)
3. Otak (secukupnya)

Langkah-langkah :
Sebelumnya, kita harus tahu dulu prisipnya atau dasarnya. Dalam kode warna biasanya diawali dengan tanda pagar(#) lalu diikuti 6 bilangan hexadesimal. Kedua, kita harus tahu pencampuran warna, seperti warna ungu adalah pencampuran antara merah dan biru. Kita harus mengetahui pencampuran warna karena kode warna menggunakan RGB color.

Dari 6 bilangan hexadesimal setelah tanda pagar(#) kita bagi tiga bagian. Dua bagian yang di kiri kita berikan pada warna merah(R, red), yang di tengan kita berikan kepada warna hijau(G, green), dan yang di kanan kita berikan kepada warna biru(B, blue). Masing-masing warna memiliki harga dari 0 sampai 255 dalam desimal atau dari 0 sampai ff dalam hexadesimal. (Jika anda tidak tahu cara mengubah bilangan dari desimal ke hexadesimal, anda bisa baca artikel saya di sini.)

Sebagai contoh kita ingin menentukan kode warna dari kuning. Kuning adalah hasil pencampuran warna  dari warna merah dan hijau. Jadi kita harus memberikan harga maksimum FF di  merah dan hijau, sedangkan di biru kita berikan harnganya 0. Dalam penulisan kodenya kita tidak boleh sembarangan. Misalnya warna kuning kodenya #FFFF karena biru tidak ada harganya. Jika itu terjadi, biru akan mengundurkan diri dari kelompok RGB color sehingga kelompoknya menjadi RG color, kasihan bukan? Atau, kita buat kode kuning #FFFF0. Itu juga salah karena ada 2 tempat untuk masing-masing warna sehingga terdapat 6 tempat untuk masing-masing nilai. Karena ada 6 tempat, bukan berarti benar kode warna dari kuning adalah #FFFF 0 karena spasi bukan merupakan angka. Jika kita menuliskan kode warna kuning #FFFF atau #FFFF0 atau #FFFF 0, kode itu tidak bisa dibaca apalagi menunjukkan warna kuning.

Atau, kita membuat kode warna dari merah #FFFF00 karena kita sangat suka warna merah sehingga 4 tempat untuk merah, 1 tempat hijau, dan sisanya untuk biru. Kdoe itu tidak akan dibaca merah melainkan dibaca kuning.

Dan sekarang turorial saya siap dipraktekkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri Komentar anda di sini.