13 April 2012

Mengapa Bumi Kita Miring?

Bumi kita memiliki kemiringan 23,5o  dari tegak lurus. Jika kita melihat Bumi berevolusi terhadap Matahari (mengelilingi Matahari), kamu mungkin menganggap planet kita posturnya jelek sekali. Bumi mengelilingi Matahari dengan miring ke satu sisi. Tapi, apa yang menyebabkan Bumi kita itu miring? Apakah Bumi kita tersandung meteoroid ketika berevolusi terhadap matahari? Atau tergelincir karena orbit Bumi kita licin? Atau, karena Bumi kita miring, menara Pisa juga ikut miring? Atau, karena menara Pisa miring, Bumi kita jadi miring? Berikut jawabannya :

Kata para ilmuan, akibat tabrak menabrak dahsyat yang membentuk tata surya kita sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu. Matahari, Bumi, dan delapan planet lain di tata surya kita terbentuk dari awan gas dan debu yang berotasi di ruang angkasa. Para ilmuan memperkirakan Bumi tumbuh menjadi benda langit berukuran planet saat partikel-partikel saling bertabrakan, dan saling menyatu untuk membentuk kepingan-kepingan yang lebih besar, dunia-dunia kecil bertabrakan dengan dunia-dunia kecil lain, dan planet tumbuh. Menurut Clark Champman, dari Planetary Science Institute di Tucson, Arizona, AS, pastilah ada satu tabrakan akhir yang sangat hebat yang membuat Bumi sampai ke posisinya yang sekarang.

Tetapi, jika kita piker-pikir, permukaan bumi kita tidak rata. Ada gunung yang tinggi dan ada lembah yang lebih rendah (belum ada yang saya dengar, “Wah, Gunung itu dalam sekali,” atau, “Tinggi sekali samudra itu ya”). Oleh karena itu, permukaan bumi kita tidak bulat utuh. Nah, jika kita memutar sebuah bola yang tidak jelas bentukknya dengan bola yang bulat, pasti bola yang bulat itu akan stabil dan tegak lurus terhadap bidang horizontalnya sedangkan bola yang tidak jelas bentuknya berputar dengan aneh.

Tetapi faktanya, memang beberapa pertanyaan belum dapat dijawab secara pasti karena beberapa jawaban berupa pendapat para ahli. Seperti, kemanakah dinosaurus pergi? Ada yang menjawab seperti akibat meteoroid besar jatuh ke bumi, ada yang bilang akibat letusan berapi dasyat di berbagai daerah di bumi, ada yang bilang berevolusi, dan ada juga yang bilang bersembunyi. Semua itu hanya berbentuk pendapat karena belum ada orang yang ditemukan hidup di zaman itu yang menceritakan kejadian pada  masa itu kepada kita (kalimat ini juga termasuk pendapat saya).

Walaupun demikian, kemiringan itu membuat kehidupan di planet kita lebih menarik. Kemiringan itu menghasilkan musim yang empat jumlahnya. Tapi di RT saya lebih dari empat musim, ada musim hujan, musih kemarau, musim layangan, musim kelereng, musim jambu, musim mangga, musim rambutan, musim durian, dan musim yang lainnya. Akan tetapi itu bukan akibat dari kemiringan bumi kita ini.

Bagaimana caranya musim itu terjadi akibat kemiringan bumi? Karena kemiringan itu, Kutup Utara mendekat ke Matahari selama setengah tahun dan menjauh dari Matahari setengah tahun berikutnya.dibelahan Bumi Utara, sinar matahari lebih banyak dan cuaca lebih hangat ketika Kutup Utara miring ke arah Matahari. Ketika Kutup Utara mendekat ke Matahari, di Bumi bagian Utara terjadi musim panas dan ketika Kutup Utara menjauhi Matahari, di Bumi bagian Utara terjadi musim dingin. Ketika di Utara terjadi musim dingin, di Selatan terjadi musim panas dan ketika di Utara terjadi musim panas, di Selatan terjadi musim dingin.

1 komentar:

  1. The 5 Best Ways to Win at Baccarat - WURRIE
    In our guide, you 바카라 will see the 7 best ways to win at baccarat. It's also one 메리트카지노 of the most popular table games. And we've got our hand at งานออนไลน์

    BalasHapus

Silahkan Beri Komentar anda di sini.